ElisaDewwy

7 November 2009

BATIK PEKALONGAN

Filed under: umum — elisaendhi @ 3:36 pm

Meskipun tidak ada catatan resmi kapan batik mulai dikenal di Pekalongan, namun menurut perkiraan batik sudah ada di Pekalongan sekitar tahun 1800. Bahkan menurut data yang tercatat di Deperindag, motif batik itu ada yang dibuat 1802, seperti motif pohon kecil berupa bahan baju.

Namun perkembangan yang signifikan diperkirakan terjadi setelah perang besar pada tahun 1825-1830 di kerajaan Mataram yang sering disebut dengan perang Diponegoro atau perang Jawa. Dengan terjadinya peperangan ini mendesak keluarga kraton serta para pengikutnya banyak yang meninggalkan daerah kerajaan. Mereka kemudian tersebar ke arah Timur dan Barat. Kemudian di daerah – daerah baru itu para keluarga dan pengikutnya mengembangkan batik.

Ke timur batik Solo dan Yogyakarta menyempurnakan corak batik yang telah ada di Mojokerto serta Tulungagung hingga menyebar ke Gresik, Surabaya dan Madura. Sedang ke arah Barat batik berkembang di Banyumas, Kebumen, Tegal, Cirebon dan Pekalongan. Dengan adanya migrasi ini, maka batik Pekalongan yang telah ada sebelumnya semakin berkembang.

Seiring berjalannya waktu, Batik Pekalongan mengalami perkembangan pesat dibandingkan dengan daerah lain. Di daerah ini batik berkembang di sekitar daerah pantai, yaitu di daerah Pekalongan kota dan daerah Buaran, Pekajangan serta Wonopringgo.

Musium batik Pekalongan
Perjumpaan masyarakat Pekalongan dengan berbagai bangsa seperti Cina, Belanda, Arab, India, Melayu dan Jepang pada zaman lampau telah mewarnai dinamika pada motif dan tata warna seni batik.

Sehubungan dengan itu beberapa jenis motif batik hasil pengaruh dari berbagai negara tersebut yang kemudian dikenal sebagai identitas batik Pekalongan. Motif itu, yaitu batik Jlamprang, diilhami dari Negeri India dan Arab. Lalu batik Encim dan Klengenan, dipengaruhi oleh peranakan Cina. Batik Belanda, batik Pagi Sore, dan batik Hokokai, tumbuh pesat sejak pendudukan Jepang.

Perkembangan budaya teknik cetak motif tutup celup dengan menggunakan malam (lilin) di atas kain yang kemudian disebut batik, memang tak bisa dilepaskan dari pengaruh negara-negara itu. Ini memperlihatkan konteks kelenturan batik dari masa ke masa.

Batik Pekalongan menjadi sangat khas karena bertopang sepenuhnya pada ratusan pengusaha kecil, bukan pada segelintir pengusaha bermodal besar. Sejak berpuluh tahun lampau hingga sekarang, sebagian besar proses produksi batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah. Akibatnya, batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan yang kini terbagi dalam dua wilayah administratif, yakni Kotamadya Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan.

Pasang surut perkembangan batik Pekalongan, memperlihatkan Pekalongan layak menjadi ikon bagi perkembangan batik di Nusantara. Ikon bagi karya seni yang tak pernah menyerah dengan perkembangan zaman dan selalu dinamis. Kini batik sudah menjadi nafas kehidupan sehari-hari warga Pekalongan dan merupakan salah satu produk unggulan. Hal itu disebabkan banyaknya industri yang menghasilkan produk batik. Karena terkenal dengan produk batiknya, Pekalongan dikenal sebagai KOTA BATIK. Julukan itu datang dari suatu tradisi yang cukup lama berakar di Pekalongan. Selama periode yang panjang itulah, aneka sifat, ragam kegunaan, jenis rancangan, serta mutu batik ditentukan oleh iklim dan keberadaan serat-serat setempat, faktor sejarah, perdagangan dan kesiapan masyarakatnya dalam menerima paham serta pemikiran baru.

Batik yang merupakan karya seni budaya yang dikagumi dunia, diantara ragam tradisional yang dihasilkan dengan teknologi celup rintang, tidak satu pun yang mampu hadir seindah dan sehalus batik Pekalongan.

 

1

3

4

Taman Kyai Langgeng Magelang

Filed under: piknik — elisaendhi @ 10:30 am
Taman Kyai Langgeng dengan luas seluruhnya meliputi 28 hektar, letaknya sekitar 1 kilometer dari pusat kota ke arah selatan. Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian. Obyek wisata ini terletak sekitar 19 Kilometer dari Candi Borobudur, 35 kilometer dari Kopeng atau 50 Kilometer dari Candi Pramabanan dan 42 kilometer dari Monumen Jogja Kembali.
Taman Kyai Langgeng Magelang

Kyai Langgeng adalah sebuah nama yang diambil dari nama salah seorang pejuang dibawah pimpinan Pangeran Diponegoro, satu diantara pahlawan-pahlawan Indonesia yang berjuang dengan gagah berani merebut kemerdekaan melawan penjajah Belanda selama perang Diponegoro (1825 – 1830). Dasar dijadikannya sebuah Taman dengan menggunakan nama Kyai Langgeng karena almarhumah, dimakamkan di kawasan ini. Makam tersebut masih ada dan terawat hingga sekarang ini.

Taman Kyai Langgeng terletak di jalan Cempaka, hanya 1 Km dari pusat kota Magelang. Berwisata ke taman ini merupakan suatu keasyikan tersendiri. Selain taman yang ditata secara rapi, ternyata banyak sekali tawaran kenikmatan dengan keunikan-keunikan yang dimiliki dan fasilitas-fasilitas lain tersedia di dalamnya. Suatu pesona panorama alam menakjubkan yang dapat mengisi “kekosongan jiwa” para pengunjungnya secara sempurna.

Ketika kehidupan kota yang sarat dengan segala problematika kesemrawutannya membiasakan kebosanan dan kejenuhan, orang membutuhkan suasana baru yang dapat memberi kenyamanan dan ketentraman. Kita tahu bahwa saat sekarang kehidupan di perkotaan terbebani dengan aneka pencemaran (polusi) sebagai dampak pembangunan yang terus berkembang.

Kemajuan teknologi di satu sisi memang mengangkat derajat ekonomi masyarakat, namun disisi lain teknologi memunculkan zat-zat beracun berbahaya yang selalu mengancam keselamatan manusia. Limbah-limbah industri yang dibuang melalui cerobong pabrik mengeluarkan gas-gas seperti belerang/sulfur (S) dan timah hitam (Pb). Kendaraan bermotor membuang gas karbondioksida (CO2) dan methan (CH4), sisa-sisa obat-obatan pemberantas hama tanaman seperti DDT, dan sebagainya. Semua gas pencemar ini berakibat terganggunya kesehatan.

Taman Kyai Langgeng Magelang

aat ini persoalan lingkungan yang sangat dikhawatirkan oleh semua bangsa/negara di dunia adalah semakin memanasnya suhu bumi (pemanasan global) akibat emisi gas karbondioksida (CO2) yang tidak terkendali. Belum lagi orang harus memikirkan berbagai persoalan sosial dan ekonomi yang dihadapinya.Untuk mengurangi beban, ketegangan bahkan stress sekalipun yang dibiaskan kehidupan kota dengan akibat modernisasinya seperti itu, keberadaan sebuah taman dapat memberikan jawabannya.

Namun beberapa faktor penunjang yang menjadikan daya tarik harus disediakan, wisatawan biasanya ingin melihat sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru, sesuatu yang spektakuler, mereka ingin berwisata dengan nyaman dengan sedikit usaha dan mereka ingin menggabungkan petualangan mereka dengan kegiatan waktu senggang seperti berenang, berolah raga perahu/becak air, menyaksikan hiburan musik khas, dan sebagainya.   Potensi wisata yang dimiliki Taman Kyai Langgeng dapat diandalkan.

Taman ini mengoleksi berbagai aneka flora dan fauna tropis yang langka. Ada cempaka ganda (Mycelia Campaca), dewa daru (Eugenia Sp), apel bludru (Diospiros rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata ireigfost), ruser (Arthocarpus Sp), lobi-lobi (Flacouritia inermis Roxb), Keben (Baringtonia Asiatica) Kemiri (Aleurites Moluceana), Kenari (Canarium Commune) dan masih banyak lagi.

Suasana alami sungguh terasa di taman ini, seolah pengunjung terbawa “kembali ke alam” (back to nature). Di dalam taman nan hijau ini terdapat satwa-satwa antara lain ular pitron yang berasal dari kedung ombo, burung mambrukm elang (falconidae) bajing, monyet, rusa, ayam hutan dan beberapa satwa lain. Ada yang lebih unik dan aneh yakni dua ikan lele yang sudah cukup tua usianya. Ikan lele jantan berusia sekitar 24 tahun lebih dan lele betina berusia kira-kira 54 tahu.

Taman Kyai Langgeng Magelang

Fasilitas-fasiltias penunjang yang dimiliki Taman Kyai Langgeng adalah sebuah kolam renang yang dipisah menjadi dua dengan pembatas terapung. Masing-masing untuk anak-anak dengan kedalaman 1 meter dan untuk orang dewasa sedalam 2 meter. Kolam renang ini dilengkapi dengan menara peluncur bergelombang dan tentunya tempat bilas serta ganti.

Di samping itu, pesona lain yang tesedia adalah koleksi patung-patung dinosaurus, gelanggang pemancingan, taman lalu-lintas, rumah aquarium, rumah kaca, panggung terbuka, arena untuk bermain go-cart, sungai untuk nerkano dan arung jeram, toko-toko cinderamata, pasar buah-buahan tropis, lapangan tennis di dalam ruangan dan hotel.

Taman Kyai Langgeng dengan fasilitas-fasilitas yang telah dimiliki tersebut, membanggakan kenyamanan udaranya yang cerah dengan matahari yang selalu bersinar, pandangan alam yang indah dan memukau, keramah tamahan yang wajar danpenuh k ehirmatan. Ini semua menjadikan taman tersebut sebuah surga, paduan antara anugerah alam dan buatan manusia.

Apabila, pengunjung tertarik dalam hal sejarah, alam, olah raga atau sekedar bersantaim, Taman Kyai Langgeng menyediakan untuk semua orang.

a

sas

6 November 2009

BAKSO LOMBOK ULEG TEMANGGUNG POENYA

Filed under: umum — elisaendhi @ 8:02 pm

 

g

 

i

 

hmm.. start action ngomongin makanan yukkk… dari judul bisa ditebak kan, M bakal bahas BAKSO, tapi bukan bakso biasa. karna M tinggal di Temanggung, jadi yang mo M angkat ya bakso khas temanggung yaitu BAKSO LOMBOK ULEG.
hihi dari baca namanya pasti ada yg udah bisa bayangin kan.. makanan ini cocok banget buat mereka penyuka pedazz

 

a

 

 

 

 

 

yuppi

nah, apa bedanya bakso uleg sama bakso biasa? dibandingin bakso biasa, bakso uleg kuahnya lebih bening, lebih segar, dan tanpa campuran mie, sebagai gantinya bakso uleg pake ketupat [ato lontong] dan pake tahu [biasanya tahu kering dan jauh lebih banyak drpada bakso biasa].

yg paling spesial nih, *sesuai namanya, sebelum diracik baksonya dalam mangkuk, pelanggan kudu nyebutin dolo mo pake berapa cabe [cabe rawit ijo..hmm], sesuai selera.. abis itu diuleg di mangkuk baru deh kasih bakso-tahu-en kuahnya. makanya sensasi pedesnya beda ma bakso laen.. bukan pedes sambel, tapi dari cabe segar.. *nelen ludah -kemecerrr-

Di Temanggung ada banyak penjual bakso uleg tentunya disajikan dengan khas resep masing², ada yang paling terkenal yaitu Bakso Uleg Pak Di. letaknya di jalan Jend Soedirman depan Bank BRI Temanggung. tempatnya emang ga terlalu besar, tapi bersih dan nyaman. pelayanan juga ramah.. dan yang paling penting.. rasanya ajiiiiiiiiiiiiiiibbb..

beberapa seleb konon pernah tu nongkrong kesitu.. klo ga salah pernah diliput tipi segala dan gutnyusnya nih.. bakso Pak Di bisa dinikmati juga di jogjakarta tepatnya di  jl. Godean sebelah barat Mirota Godean [yang M tau di Magelang juga udah ada juga.. tapi M lom tau tempatnya].

masih sekitar jln. Jend Soed satu jalan dengan bakso Pak Di, ada juga deket situ bakso Pak Amat. lebih kecil lagi tempatnya.. tapi soal rasa, bisa bersaing.. soalnya sama ramenya. menurut M yg pernah nyoba keduanya, di tempat Pak Amat ini, porsi tahu sama bawang gorengnya lebih banyak.. jd cocok tuh buat yg mo makan murah tp kenyang,.

beberapa waktu lalu M kedatangan temen dunia maya, kang seno namanya. dia asli Temanggung tapi udah belasan thn tinggal di Bandung. kemaren dia mudik sebentar, dan kangen pengen ngicipin bakso. M antarlah kang seno ke bakso Pak Di, dan dia terkesan sekali.. hihihi.. dia jadi susah meninggalkan Temanggung gara-gara makan bakso itu *suerr ga lebay

tp untuk orang-orang kek kang seno ini.. ga usah kuatir.. karena eh karena, bakso uleg temangung udah hadir di Kota bandung!!

lhoh? ada tho? ntar klo beda sama yg di Temanggung gimana?

hmm.. tenang ajah.. bakso uleg yg ada di Bandung itu yg buka cah temanggung tulennn, hihi dia kangmas M [beda bapak beda ibu alias kakang ketemu gedhe] namanya Mas Wiwied. tempatnya di Jl. Ciwastra 181 Bandung. 022-70325400

ga cuman bakso uleg ala Temanggung aja yg disajiin tp juga bakso uleg berbagai macam selera yg ‘masa kini’ bgt

gmn rasanya? hmm silakan anda coba sendiri aja.. *soalnya M blom pernah huehuehueue…

moga besok bisa mampir….. stop ngrampok baksoneee..

ada yang minat menikmati pedasnya bakso uleg?

 

dikarenakan M blom bisa uplot poto dokumentasi sendiri






c

b

 

 

 

1 November 2009

Hobby belanja digabung dengan bisnis,knapa tidak??

Filed under: hobi — elisaendhi @ 11:56 am

Hobby Shopping atau suka Belanja..sesuatu yang disukai bagi sebagian Orang tetapi mungkin sesuatu yang dihindari bagi sebagian orang.

Shopping atau Belanja terdengar seperti suatu pemborosan..tetapi juga menjadi hal yang menyenangkan bagi orang lain.Tentu saja ini bukan suatu yang perlu diperdebatkan.

Dalam tulisan ini Saya ingin mengemukakan “Ide”..Bagaimana Kalau hobby Shopping Anda atau suka Shopping dijadikan sebuah Bisnis..Woowww Kesukaan belanja sekaligus dijadikan sebuah Pemasukan…Mungkin ini terdengar aneh..”Mana ada sih Orang belanja,yang notabene mengeluarkan uang ..tetapi sekali gus bisa mendatangkan pemasukan?..” mungkin ini salah satu pertanyaan yang muncul dibenak Anda..:) Saya pikir ini wajar..Tetapi Saya mengemukakan ini..Karena Saya mengerti Caranya..dan Ini juga Bisa dijadikan ladang Bisnis bagi Orang yang tidak suka Shopping atau Orang yang tidak suka Belanja.Ok..Jadi intinya “Ide” ini, menciptakan peluang Bisnis bagi Orang yang Suka Shopping maupun bagi Orang yang tidak Suka Shopping tetapi mau menangkap peluang Bisnisnya.

Bicara tentang Shopping..tentunya akan muncul pertanyaan.. Shooping apa saja atau belanja apa saja yang bisa dijadikan Bisnis?.. Pertanyaan ini akan terjawab jika Anda mengikuti terus tulisan diblog ini.

Kesukaan Anda untuk Shopping atau bagi Anda yang menangkap Peluang Bisnis Shopping..disalurkan Oleh Perusahaan Raksasa dari China dalam bentuk sebuah Supermarket.Yang bergerak dalam bidang bisnis Retail.Dan misi Pendirinya,Mr Li Jin Yuan,bahkan akan dibangun Mall sendiri.

Bayangkan jika Anda Shopping “kebutuhan sehari-hari Anda” disebuah Supermarket,dan 10 % total nilai belanja Anda dikembalikan kepada Anda dalam bentuk Aset.. Anda terima ini setiap akhir bulan..bahkan ketika Anda belanja Produk-produk Kesehatan ( suplement food),alat Akupuntur dan Produk Kecantikan yang merupakan Produk langsung Bannerstore, 100 % total nilai belanja Anda akan menjadi omset Anda..Apakah ini bisa Anda temukan di supermarket lain?.. selain di BannerStore?..Ingat ini konsep pertama di Dunia lho..

Bagaimana kalo Anda Shopping di BannerStore trus Anda jalan2 di mall ini,kemudian Anda lapar trus Anda makan disalah satu food cord di mall ini,dan total nilai belanja “Makan” Anda dikembalikan kepada Anda sebesar 10%.

Setelah makan,ternyata Pulsa HP Anda habis dan Anda segera beli Pulsa di Mall itu,total nilai Belanja “Pulsa” Anda akan kembali 10%. Kemudian Anak Anda merengek-rengek minta dibeliin ponsel,trus Anda beli ponsel merek Smart ( Yang selalu diiklankan di TV itu lho..) nilai belanja ponsel Anda akan kembali sebesar 10%.(Secara detail Produk-Produk titipan rekanan BannerStore ini akan Saya jelaskan dihalaman lain Blog ini..atau Anda bisa menghubungi saya via email atau SMS).

Trus dalam rangkaian acara Shopping Anda tadi,ternyata Anda sudah gerah..pengin creambat atau pengin potong rambut,total nilai yang Anda bayar akan kembali 10%,setelah selesai acara Shopping Anda dan keluarga,tentunya Anda pengin pulang kerumah.Tetapi ternyata persediaan bensin ditanki Kendaraan Anda tinggal sedikit,dan Anda mampir beli bensin di Pom Bensin yang bertuliskan “Shell” (Produk Amerika),nilai belanja Bensin Anda akan balik sebesar 10%.

Hmmm..Shopping sambil menabung.. Asyik nggak?..dan Nilai total Belanja (Shopping ) Anda tadi di “Akumulasi Tanpa Batas Waktu”. Artinya Total nilai shopping Produk2 rekanan BannerStore yang Anda belanja tadi akan kembali sebesar 10% dijumlahkan dengan nilai Shopping Produk2 langsung BannerStore sebesar 100%. Kalau Anda shopping Produk langsung BannerStore senilai Rp 500.000,- misalnya,maka total point Anda 500.000 juga,dihitung point 1:1.

Bahkan Ketika Anda beli Asuransi Diri dari rekanan BannerStore,Anda akan mendapat 10% juga dari total nilai beli Asuransi itu.Kedepan,Mr Lie Jin Yuan merencanakan akan bekerja sama dengan Travel Agent dan tempat-tempat wisata.Woowww ini menarik bagi Anda yang suka Travelling..udah suka Shopping..ee dimanjain ketempat-ketempat wisata lagi..! keren abis bo..!

 

blanja


Perekonomian

Filed under: ekonomi — elisaendhi @ 11:33 am

Tanda-tanda perekonomian mulai mengalami penurunan adalah ditahun 1997 dimana pada masa itulah awal terjadinya krisis. Saat itu pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berkisar pada level 4,7 persen, sangat rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang 7,8 persen. Kondisi keamanan yang belum kondusif akan sangat mempengaruhi iklim investasi di Indonesia. Mungkin hal itulah yang terus diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini sangat berhubungan dengan aktivitas kegiatan ekonomi yang berdampak pada penerimaan negara serta pertumbuhan ekonominya. Adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan akan menjanjikan harapan bagi perbaikan kondisi ekonomi dimasa mendatang. Bagi Indonesia, dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka harapan meningkatnya pendapatan nasional (GNP), pendapatan persaingan kapita akan semakin meningkat, tingkat inflasi dapat ditekan, suku bunga akan berada pada tingkat wajar dan semakin bergairahnya modal bagi dalam negeri maupun luar negeri.

Namun semua itu bisa terwujud apabila kondisi keamanan dalam negeri benar-benar telah kondusif. Kebijakan pemerintah saat ini didalam pemberantasan terorisme, serta pemberantasan korupsi sangat turut membantu bagi pemulihan perekonomian. Pertumbuhan ekonomi yang merupakan salah satu indikator makro ekonomi menggambarkan kinerja perekonomian suatu negara akan menjadi prioritas utama bila ingin menunjukkan kepada pihak lain bahwa aktivitas ekonomi sedang berlangsung dengan baik pada negaranya.

 

a

 

 

b

 

c

 

e

 

Niagara

Filed under: umum — elisaendhi @ 11:16 am

Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Niagara adalah nama kelompok dari tiga. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (terkadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkn oleh sebuah pulau Luna Island dari air terjun utama.

Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

terjun

2

3

5

28 Oktober 2009

WATERPARK PIKATAN INDAH Temanggung

Filed under: umum — elisaendhi @ 8:54 am

Waterpark Pikatan Indah Temanggung ini diresmikan pada April 2008. Dengan keadaan air yang jernih, asli dari mata air pegunungan. Segar dan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar kota. Berbagai fasilitas terdapat di Waterpark Pikatan Indah Temanggung ini. Terdapat 5 kolam renang yang berbeda jenis dan juga ditambah dengan adanya ember tumpah, flying fox dan taman bermain lainnya.

pikatan indah

 

 

KRIPIK NANGKA yummi

Filed under: ekonomi — elisaendhi @ 8:28 am

Anda ingin yang beda??? Inilah yang tepat!!! Kami ciptakan cita rasa kripik yang berbeda!!!  Rasakan nikmatnya “KRIPIK NANGKA yummi” yang tentunya mak-nyuzzz!!! Kripik Nangka yummi ini tersedia di seluruh indomaret dan alfamart. Hanya dengan Rp 5.000,- saja Anda dapat menikmati Kripik ini!!!  Ayo buruan beli dan rasakan renyahnya, lezatnya Kripik Nangka ini!!!! Kripik Nangka memang yummi……

kripik

24 Oktober 2009

permintaan dan penawaran

Filed under: umum — elisaendhi @ 8:18 am

permintaan dan penawaran menjelaskan bagaimana harga beragam sebagai hasil dari keseimbangan antara ketersediaan produk pada tiap harga (penawaran) dengan kebijakan distribusi dan keinginan dari mereka dengan kekuatan pembelian pada tiap harga (permintaan). Grafik ini memperlihatkan sebuah pergeseran ke kanan dalam permintaan dari D1 ke D2 bersama dengan peningkatan harga dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai sebuah titik keseimbangan (equibilirium) dalam kurva penawaran (S).

  1. http://www.mcwdn.org/ECONOMICS/EcoGlossary.html
  2. ^ http://www.nmlites.org/standards/socialstudies/glossary.html
  3. ^ http://www.mcwdn.org/ECONOMICS/EcoGlossary.html
  4. ^ http://www.econ100.com/eu5e/open/glossary.htmlimages

Blog di WordPress.com.